I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 31 Maret 2011

Mengapa Kebanyakan orang lapar setelah berenang?


Berenang merupakan olahraga yang baik, karena melibatkan banyak otot dan organ tubuh yang bergerak. Namun, mengapa kebanyakan orang akan merasa lapar setelah melakukan olahraga ini? Padahal sebelumnya sudah cukup makan. Nah pada kasus ini ada dua hal yang mempengaruhinya, yaitu adanya perubahan suhu dan dehidrasi.
Pada pengaruh perubahan suhu, air yang digunakan untuk berenang biasanya lebih dingin dibandingkan udara sekitar. Merendam tubuh di dalam air yang dingin akan menurunkan suhu tubuh seseorang. Sehingga saat seseorang keluar dari kolam renang tubuh otomatis akan berusaha menormalkan dengan udara sekitar. Proses untuk menormalkan suhu tubuh dibutukan energi yang besar, karenanya tubuh akan mengirimkan sinyal rasa lapar. (dikutip dari That’s fit, sabtu 31/7/2010)
Untuk pengaruh kedua yaitu dehidrasi. Beberapa orang terkadang tidak merasa haus setelah berenang, padahal saat berenang tubuh akan kekurangan air. Jika seseorang terus berenang tanpa mengkonsumsi air sama sekali, bisa memicu terjadinya dehidrasi. Ditinjau dari sisi biologi setiap sel di dalam tubuh manusia membutuhkan air, seperti otot yang membutuhkan 75 persen air, paru-paru memerlukan 95 persen air, darah memerlukan 92 persen air, dan tulang memerlukan 25 persen air. Jika tubuh tidak memiliki air yang cukup, maka system tidak akan bisa bekerja secara optimum.
Tips agar tidak mengalami kelaparan setelah berenang  adalah sebaiknya melakukan beberapa peregangan ringan, berjalan cepat, mengkonsumsi 500 ml air 20 menit sebelum berenang dan juga mengkonsumsi 500 ml air jika sudah keluar dari kolam renang.

Sumber  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar