I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 29 Maret 2011

Faktor Pembatas, Evolusi dan Suksesi

EVOLUSI
Evolusi adalah perkembangan mahluk hidup dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks menuju kesempurnaan secara bertahap dan memakan waktu yang sangat lama.


Evolusi dikenal ada 2 macam yaitu :

1.   Evolusi Porgresif menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (suvive)

2.   Evolusi Regresif yaitu evolusi menuju pada kemungkinan menjadi punah.

Jenis-Jenis dan Macam-Macam Evolusi di Alam

1.   Evolusi kosmik adalah evolusi yang terjadi pada lingkungan abiotik atau lingkungan tidak hidup/tak hidup.

2.   Evolusi Organik adalah evousi yang terjadi pada lingkungan biotik pada mahluk hidup dari generasi ke generasi.

Suksesi

Perkembangan ekosistem menuju kedewasaan dan keseimbangan dikenal sebagai suksesi. Komunitas yang terdiri dari berbagai populasi bersifat dinamis dalam interaksinya yang berarti dalam ekosistem mengalami perubahan sepanjang masa. Suksesi terjadi akibat dari modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem , proses suksesi berakhir dengan sebuah komunitas dengan keadaan homeostatis.

Di alam ini terdapat 2 macam suksesi, yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder

1.   Suksesi primer yaitu organime memulai menempati wilayah baru yang belum ada kehidupannya. Contohnya delta.

2.   Suksesi Sekunder, terjadi setelah komunitas yang ada menerima gangguan yang besar. Contohnya sebuah komunitas yang stabil hancur karena terjadinya kebakaran hutan.

 Faktor Pembatas

Faktor pembatas adalah suatu yang dapat menurunkan tingkat jumlah dan perkembangan suatu ekosistem.Proses kehidupan dan kegiatan mahluk hidup pada dasarnya dipengaruhi dan mempengaruhi faktor-faktor lingkungan seperti; cahaya, suhu, dan nutrient dalam jumlah minimum dan maksimum. Dalam ekologi tumbuhan faktor lingkungan sebagai faktor ekologi dapat dianalisis menurut bermacam-macam faktor. Pertumbuhan organism yang baik dapat tercapai bila faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan berimbang dan menguntungkan. Bila salah satu faktor lingkungan tidak seimbang dengan faktor lingkungan lain, maka faktor ini dapat menekan atau menghentikan pertumbuhan organisme. Faktor lingkungan yang paling tidak optimum akan menentukan tingkat produktivitas organism. Justus Von Liebig adalah salah seorang pioneer dalam hal mempelajari pengaruh macam-macam faktor terhadap pertumbuhan organism, dalam hal tanaman.




Untuk materi energi,relung,habitat dan adaptasi dapat dilihat di Oliver Blog

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar